Jumat, 30 Desember 2011

Biografi Dr. Yusron Ihza, LLM

 
Dr. Yusron Ihza, LLM, lahir di Belitung pada 6 Februari 1958. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Manggar, Belitung Timur, sebelum akhirnya merantau ke Jakarta untuk menimba ilmu di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia.

Tahun 1980, gelar sarjana Ilmu Sosial diraihnya, menyusul kemudian gelar S2 yang juga diselesaikannya di Universitas yang sama pada tahun 1986. Akan tetapi, gelar dari universitas terkemuka di Indonesia dan megahnya kota Jakarta tak membuat seorang Yusron Ihzamerasa cukup akan ilmu. Tak berapa lama ia memutuskan untuk terbang ke Jepang untuk memenuhi hasrat yang begitu besar akan pengetahuan. 13 tahun dilaluinya di negeri Sakura untuk menyelesaikan gelar master bidang hukum dan doktor bidang ekonomi politik di Universitas Tsukuba Jepang.

Seorang Yusron Ihzadi Jepang bukanlah mahasiswa biasa-biasa, hal ini dibuktikan dengan berbagai aktifitas yang menunjukkan eksistensinya diantaranya sebagai koresponden kompas untuk Tokyo selama tujuh tahun, menjadi peneliti pada Tsukuba Advanced Research Alliance, Dosen pada Nihon University, Jepang, serta sebagai Konsultan Politik Departemen Kehakiman Jepang. Yang paling membanggakan adalah, disertasi doktoral Yusron Ihza, seorang putra Bangka Belitung, dan warga Negara Indonesia yang menjadi perantauan di Jepang, berhasil menciptakan prestasi fenomenal dengan merontokkan Flying Geese Model dari Profesor Kenamaan Jepang yang di elu-elukan bank Dunia. Prestasi tersebut semakin menggemparkan Jepang karena berhasil membuka mata para pendukung paham keajaiban ekonomi asia ketika disertasinya menemukan kebenarannya saat ekonomi asia luluh lantak akibat krisis moneter. Prestasi membanggakan tersebut bisa disaksikan di Museum Nasional Jepang tempat dimana salinan disertasi Dr. Yusron Ihza, LLM tersimpan.

Sekembalinya ke Indonesia, kiprah seorang Yusron Ihza dimulai dengan ambil bagian dalam tim pendiri firma hukum Ihza & Ihza pada tahun 2000, dilanjutkan dengan menjadi penasehat khusus Memperindag RI tahun pada tahun yang sama.

Tahun 2004 hingga 2009, masyakat Bangka Belitung memberikan kepercayaan kepadanya  untuk menjadi anggota DPR RI, dan menduduki posisi wakil ketua komisi I bidang pertahanan 

 Semasa menjadi anggota DPR, dunia Internasional mengamanatkannya jabatan Ketua Liga Parlemen Indonesia-Jepang Tahun 2009. Kini, ketua DPP Partai Bulan Bintang periode 2005-2010 dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini, mentekadkan diri untuk memberikan perubahan yang nyata ke arah yang lebih baik bagi tanah kelahiran dan kampung halaman tercinta, Bangka Belitung, dengan mencalonkan diri sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Periode 2012-2017. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar